Selasa, 21 Februari 2012

Antara Bisnis Online, Enterpreneur dan Naturepreneur





Perkembangan teknologi pada saat ini bisa di bilang sangat cepat pertumbuhannya, teknologi ini juga di manfaatkan oleh para wirausahawan muda yang bisa diterapkan melalui metode BISNIS ONLINE, BISNIS ONLINE juga dimanfaatkan juga oleh wirausahawan muda untuk senantiasa meningkatkan skill ketangkasan dalam bidang bisnis pada umumnya.

Bagaimana kita memulai bisnis online ? biasanya bisnis online ini di wadahi oleh suatu forum dunia maya yang terbesar yang menyediakan fitur jual-beli online atau FJB ( Forum Jual Beli ), dan adapun suatu forum yang khusus untuk melakukan bisnis transaksi jual-beli di dunia maya. Caranya kita cukup Registrasi pada suatu forum Jual-beli, Misalnya : Kaskus.us ( ada khusus forum untuk jual beli ) atau Tokobagus.com ( situs forum jual beli ). Apabila kita ingin bisnis jual beli online dimana seller atau buyer itu berasal dari Negara lain, bisa registrasi di situs Amazon.com dan ebay.com. mudah kan ? hanya tinggal Click !

Setiap bisnis pasti mengandung resiko, termasuk juga Bisnis Online, adapun resikonya sebagai berikut ( menurut pengalaman saya ) :

1. Rentan dengan modus penipuan (cyber crime)

2. Apabila kita menjual barang, pasti dipersilahkan untuk nego, apabila barang tersebut adalah barang Second / bekas. Ketika nego dan harga sudah deal, si buyer itu menghilang dan tidak ada kabar, istilah untuk kasus tersebut adalah BID AND RUN

3. ID kita di Hack atau di bajak

4. Harus siap dengan Protes dari Buyer, biasanya resiko ini berlaku untuk yang membuka “lapak” dengan system PRE-ORDER, dimana membutuhkan proses untuk mencari buyer yang sangat lama yang memakai system kuota yang biasanya terdiri dari 12 orang buyer. Belum lagi dengan lama dengan proses produksi, yang memakan waktu hingga 2 minggu

5. Apabila kita membeli barang, kadang barang tersebut tidak sesuai dengan deskripsi yang di jelaskan atau foto barang tidak sesuai dengan barang yang sudah di terima oleh kita

6. Dagangan kita tidak laku di Forum Jual Beli :D

Nah, mungkin keuntungan yang kita dapat dari BISNIS ONLINE adalah, dari hemat dari sisi waktu, biaya, juga tenaga, dan banyak lagi keuntungan yang di dapat.

Enterpreneur harus naturepreneur kenapa harus begitu ? ya memang, bahkan tidak hanya seorang enterpreneur saja tapi setiap orang harus mempunyai jiwa naturepreneur, dimana setiap orang memiliki kewajiban menjaga dan melindungi kelestarian alam dan hewan, karena tanpa unsur tersebut kita sebagai manusia tidak bisa apa apa, karena 3 unsur kehidupan adalah manusia, alam, dan hewan. Jika kalau salah satu unsur hilang, bisa terjadi sebuah bencana. Oleh karena itu mari kita cegah dan berantas Bisnis Online yang menjual hewan yang hampir punah, dan tumbuhan yang di lindungi. Dan kampanye kan lah dalam setiap usaha atau bisnis kita, untuk selalu menjaga kelestarian alam ini, karena alam beserta isinya adalah Maha Karya, Tuhan Yang Maha Esa, apabila kita merusaknya, maka kita akan berdosa, dan ganjaran yang diberikan adalah bencana alam.

*) maksud gambar diatas adalah : jangan berbisnis yang mengakibatkan alam menjadi rusak

0 komentar:

My Menu

Welcome

my timeline

The Best Post

Label

My Statistic

Web Counter

blog-indonesia.com

Barter Banner


Gulanah Cihuy